SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

Berbuat baik butuh kekuatan

Berbuat baik butuh kekuatan. Disadari atau tidak, kita sering kali terlena dari tujuan baik. Maksud hati berbuat baik, namun malah terlupakan sama sekali. Seperti yang terjadi pada saya tadi. Ini kisah nyata, insya allah bisa diambil hikmahnya. Siang tadi ke pasar tradisional di sebuah sudut kota Jogja. Belanja buat kebutuhan warung. Ngisi buat stok kelapa, kara, kedelai, ketan ama beberapa barang lain yang kebetulan kosong. Di salah satu sudut pasar, duduk nenek dengan barang dagangan buah Pisang  yang masih kelihatan numpuk banyak sekali. Padahal saat itu udah hampir tengah hari dan biasanya para pedagang udah mulai bergegas menyiapkan sisa dagangannya dan  berkemas pulang. Aku iba melihat kenyataan itu. Aku berniat untuk membeli beberapa hanya untuk yaa..sekedar mengurangi beban hatinya.

Saat itu hatiku berkata..”Ntar ah, ngisi stok dulu.” Dan aku pun masuk ke pasar, nyari kios biasanya. Memesan ini itu sesuai daftar. Trus muterin seisi pasar nyari Ibuku yang  mo beliin cucunya balon. Ga ketemu juga, akhirnya langsung ke parkiran dimana motorku berada. aku lewatin nenek penjual pisang itu. Sampai di parkiran, aku malah benerin spion yang emang dah lama ga kenceng masangnya. Aku seperti ngerasa , ada sesuatu yang ingin ku lakuin tapi apa..aku ga tau..hanya sesuatu yang aneh terasa di hati. Ga lama Ibuku dateng, blanjanya banyak juga. Ampe motor jadi penuh. Trus berangkat pulang.

Singkat cerita..Aku udah di rumah..udah nutup warung, waktunya istirahat sebentar sebelum ke warnet buat jaga OP. Pas dirumah itulah aku baru nyadar apa yang hilang tadi di pasar. Gara² aku lihat stok pisang buat isi roti pisang . Aku baru ingat kalo tadi berencana mo ngebeli pisang dagangan tuh nenek di pasar. Niat untuk membantunya, meski sebenarnya stok pisang di rumah masih banyak.  Ada sesal di hati. Ada gemas juga di dalamnya. Untuk berbuat baik selalu ada rintangannya. Meski hanya sekedar “Pengalih perhatian”  macam tadi.

Banyak fakta di lapangan. Ga perlu nunjuk orang lain. Silahkan lihat diri sendiri aja.

Ketika datang kesempatan berbuat baik. Membantu orang lain kesulitan keuangan contohnya. Kita selalu berpikir, “lhah,aku aja kurang kok” atau “boro² minjemin, buat diri sendiri aja sulit”

Atau mungkin sebenarnya kita mau bantu. Dan akan melakukannya. Namun pasti akan ada bisik² negatif yang beredar di telinga kita. Entah itu tiba² inget tugas kuliah, tiba² harus pergi kemana gitu, tau² inget saudara yang butuh bantuan, atau apapun yang jelas itu semua ngalihin niat baik kita. Yang semula ada niat namun pelan² dibuat lupa. Memang benar apa yang tertulis di Al Quran, bahwa Setan akan selalu menggangu kita, mempengaruhi pola pikir kita, menjerumuskan kita, membuat lupa akan niat baik kita. Dan yang pasti akan membantu kita bila ingin berbuat tidak  baik.

Kita butuh kekuatan. Kekuatan hati untuk melawannya. Kekuatan yang mampu meredam semua bujuk rayu dan tipu dayanya. Kekuatan itu bernama NEKAT dan GA PERDULI. Nekat di saat hendak berbuat baik, lakukan saat itu juga. Ketika ada niat, Lakukan segera. Jangan ditunda. Jika ada yang menghalangi, jangan perdulikan. Harus saat ini, harus hari ini, ketika niat masih ada dan belum di intervensi oleh bisikan setan. Lakukan segera.

Sudah berakhir??

Belum..

Setan akan terus membayangi langkahmu. Menyisipi hatimu dengan kecemasan, dengan prasangka. Sudah wajar apabila berbuat baik untuk mengharap surga atau balasan di dunia. Di situlah titik rawannya. Kita akan di hantui prasangka “jangan² Tuhan lupa paket balasan buat aku karena udah berbuat baik”. “jangan² semua itu kebohongan” Bisik² itu adalah kata² setan untuk mengoyahkan aqidah. Membuat kita ngga lagi Ikhlas untuk berbuat baik. Kekuatan yang kita perlukan adalah IKHLAS dan LUPAKAN. Kita semua, insya allah udah tau makna ikhlas. Dan kita semua akan sulit, bagi yang baru belajar, untuk ikhlas. Ada alternatif lain. Coba lupakan aja semua itu. Anggap kita ga pernah berbuat baik. Ketika usai melakukannya, segera lupakan. Sebenar² lupakan. Insya allah membantu untuk belajar ikhlas.

Semoga berkenan.

Advertisements

2 comments on “Berbuat baik butuh kekuatan

  1. Silvi Anggraini
    May 4, 2011

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

    Like

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 3, 2011 by in Agama and tagged .

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: