SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

Tanggal Cantik dan Kelahiran Bayi

Tanggal “cantik” 11 November 2011 yang juga disingkat menjadi 11-11-11,bukan cuma diminati oleh mereka yang hendak menikah tetapi juga para calon Ibu yang akan melahirkan. Banyak dokter menolong persalinan Caesar atas permintaan pasien di tanggal “cantik” tersebut.

Tindakan pembedahan Caesar pada awalnya hanya dilakukan menurut indikasi medik. Semisal Ibu tidak boleh mengejan karena menderita hipertensi, kejang rahim, ketuban pecah dini, atau ukuran lingkar pinggul Ibu tidak sesuai ukuran lingkar kepala bayi. Caesar bisa juga di lakukan karena faktor bayi, semisal berat bayi diatas 4 kilogram, kelainan letak bayi, ganguan tali pusat, dan kelahiran prematur.

Namun dalam perkembangannya, tidak sedikit pasien yang meminta dilakukannya operasi Seksio Caesarea ini tanpa adanya indikasi medik. Termasuk karena memaksakan kelahiran dengan menyesuaikan tanggal yang unik meski sebenarnya belum waktunya lahir. Meski boleh dilakukan atas permintaan pasien,namun persalinan Caesar ini sebaiknya dilakukan di usia kehamilan cukup bulan (38 minggu) sementara American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) menganjurkan 39 minggu.

Para dokter kebidanan dan kandungan yang tergabung dalam ACOG tersebut menyepakati bahwa tindakan operasi Caesar atas permintaan pasien boleh dilakukan ASALKAN dokter telah memberikan informasi yang jelas terkait resiko yang mungkin timbul dari tindakan ini. Resiko yang mungkin timbul mulai dari kematian, komplikasi anestesi, infeksi, pelekatan hingga kemungkinan operasi Ceasar berulang di masa datang. Melahirkan lewat bedah Caesar memiliki resiko komplikasi lebih besar daripada persalinan normal. Dalam persalinan Caesar, Ibu bisa mengalami infeksi, luka kandung kemih, hingga pendarahan. Pendarahan rahim yang terjadi tanpa tanda rasa nyeri akibat robekan yang tidak kelihatan bisa membahayakan bayi pada kehamilan berikutnya.

Menurut POGI (Perhimpunan Obsetri dan Ginekologi Indonesia),bahwa tindakan operasi caesar atas permintaan pasien bukanlah suatu pelanggaran kode etik selama ada surat persetujuan tindakan medik. Kode etik tersebut didasari oleh UU tentang Praktik Kedokteran yang menunjukkan hak pasien atas pilihan pengobatan,hak mendapatkan penjelasan atas tindakan medik serta hak untuk menolak tindakan medik pada dirinya.

Terlepas dari mitos tanggal cantik dan bersejarah,para orang tua seharusnya menyadari bahwa bayi yang lahir pada tanggal apapun adalah baik dan berharga. Bayi tidak memerlukan tanggal lahir cantik untuk membuktikan bahwa mereka istimewa.

Sumber: tribun jogja,12nov2011

4 comments on “Tanggal Cantik dan Kelahiran Bayi

  1. Abed Saragih
    November 14, 2011

    Berkunjung pagi2 hanya untuk memberi senyuman persahabtan 🙂

    ***
    Kok cuma senyum?? nasi goreng mana??

    Like

  2. Asop
    November 14, 2011

    Dasar, orang2 itu, pengen melahirkan anak di saat tanggal cantik hanya supaya mudah diingat. 😐

    ***
    Benar kang,biar terkenal mungkin

    Like

  3. BakulatZ
    November 15, 2011

    Ane berkunjung Sob, sekalian ngasih PR nih
    PR Blogger | Waktu Ku SD.

    ****
    Boleh-boleh..PR-nya di kerjain ya..besok ujian..hehehehehehe

    Like

  4. I2-Harmony
    November 16, 2011

    Saya setuju dengan bagian akhir artikel ini. Setiap individu yang lahir di dunia ini adalah unik dan istimewa. Jadi tindakan semacam diatas perlu dihentikan. Ini juga tergantung komitmen dokter untuk keselamatan pasiennya.

    ****

    Tetap Istimewa dan Berharga kapanpun lahirnya

    Like

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Information

This entry was posted on November 12, 2011 by in Informasi and tagged , , , .

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter