SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

Beda Mayday dan May Day

beda may day

bingung euy

Apa itu Mayday dan May Day? Beda ya? ya beda lah. Kayaknya sama aja deh. Sumpah, beda banget, baca terus sampe abis. Mayday dan May Day itu BEDA. Lalu apa bedanya? ini sekelumit dari informasi yang didapat. Sekelumit lho.

1. Mayday

Mayday adalah sinyal tanda bahaya standar internasional yang digunakan dalam komunikasi radio, berasal dari bahasa Perancis m’aidez yang berarti “tolong aku“. Mayday dipakai oleh banyak grup seperti polisi, pilot, pemadam kebakaran, dan organisasi transportasi untuk memberitahukan keadaan keadaan bahaya atau darurat. Panggilan darurat Mayday selalu diucapkan sebanyak tiga kali (“mayday mayday mayday”) untuk menghindari kesalahan penerimaan atau salah dengar penerima dalam keadaan yang berisik pada radio. Dan juga untuk membedakan panggilan darurat yang sebenarnya dengan berita tentang panggilan darurat.

Kode panggil Mayday Ini berasal pada tahun 1923 oleh Frederick Stanley Mockford (1897-1962). Seorang petugas radio senior di Croydon Airport di London, Mockford diminta untuk memikirkan sebuah kata yang akan menunjukkan kesusahan dan akan dengan mudah dipahami oleh semua pilot dan staf lapangan dalam keadaan darurat. Karena kebanyakan lalu lintas pada saat itu adalah antara Croydon dan Bandara Le Bourget di Paris, ia mengusulkan kata “Mayday” dari “m’aider” bahasa Perancis. “Venez m’aider” berarti ” tolong saya”.

Mayday adalah salah satu dari jumlah kata yang digunakan secara internasional sebagai kata-kata kode radio untuk sinyal informasi penting. Pengirim panggilan urgensi berhak untuk mengganggu pesan prioritas rendah. Seperti Mayday penggunaan istilah-istilah ini tanpa alasan yang tepat bisa membuat pengguna dikenakan biaya sipil dan atau pidana.

Masing-masing panggilan urgensi biasanya diucapkan tiga kali, misalnya, “. Pan-pan, Pan-pan, Pan-pan”

Lazada Indonesia

Pan-pan (dari bahasa Prancis: panne – breakdown) menunjukkan adanya situasi yang mendesak dari suatu tatanan lebih rendah dari “ancaman serius dan segera membutuhkan bantuan segera”, seperti kerusakan mekanis atau masalah medis. mediko akhiran Ini yang digunakan untuk ditambahkan oleh kapal-kapal di perairan Inggris untuk menunjukkan adanya masalah medis (Pan-Pan mediko, diulang tiga kali), atau dengan pesawat mendeklarasikan darurat tidak mengancam jiwa medis dari seorang penumpang dalam penerbangan, atau operasi mereka sebagai transportasi medis dilindungi sesuai dengan Konvensi Jenewa. “Pan-pan mediko” tidak lagi digunakan resmi.

Baca juga : Warisan Budaya vs Cagar Budaya. Bedanya apa?

2. May Day

Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi di tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers. Mereka menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.

Adalah Peter McGuire dan Matthew Maguire, seorang pekerja mesin dari Paterson, New Jersey yang telah menyumbangkan gagasan untuk menghormati para pekerja. Pada tahun 1872, McGuire dan 100.000 pekerja melakukan aksi mogok untuk menuntut mengurangan jam kerja, melobi pemerintah kota untuk menyediakan pekerjaan dan uang lembur.

Pada tahun 1881, McGuire pindah ke St. Louis, Missouri dan memulai untuk mengorganisasi para tukang kayu. Akhirnya didirikanlah sebuah persatuan yang terdiri atas tukang kayu di Chicago, dengan McGuire sebagai Sekretaris Umum dari “United Brotherhood of Carpenters and Joiners of America“.

Lazada Indonesia

Kongres Internasional Pertama diselenggarakan pada September 1866 di Jenewa, Swiss, dihadiri berbagai elemen organisasi pekerja belahan dunia. Kongres ini menetapkan sebuah tuntutan mereduksi jam kerja menjadi delapan jam sehari, yang sebelumnya (masih pada tahun sama) telah dilakukan National Labour Union di AS: Sebagaimana batasan-batasan ini mewakili tuntutan umum kelas pekerja Amerika Serikat, maka kongres mengubah tuntutan ini menjadi landasan umum kelas pekerja seluruh dunia.

Baca Juga : Kebiasaan Sehat yang Tidak Sehat? Apa aja tuh?

Satu Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan pekerja dunia pada Konggres 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions. Selain memberikan momen tuntutan delapan jam sehari hal tersebut juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. Tanggal 1 Mei dipilih karena pada 1884 Federation of Organized Trades and Labor Unions, yang terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada 1872 , menuntut delapan jam kerja di Amerika Serikat dan diberlakukan mulai 1 Mei 1886.

Pada 1887, Oregon menjadi negara bagian pertama yang menjadikannya hari libur umum.

Indonesia pada tahun 1920 juga mulai memperingati hari Buruh tanggal 1 Mei ini. Tapi sejak masa pemerintahan Orde Baru hari Buruh tidak lagi diperingati di Indonesia, dan sejak itu, 1 Mei bukan lagi merupakan hari libur untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi. Ini disebabkan karena gerakan buruh dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis yang sejak kejadian G30S pada 1965 ditabukan di Indonesia.  Semasa Soeharto berkuasa, aksi untuk peringatan May Day masuk kategori aktivitas subversif, karena May Day selalu dikonotasikan dengan ideologi komunis. Konotasi ini jelas tidak pas, karena mayoritas negara-negara di dunia ini (yang sebagian besar menganut ideologi nonkomunis, bahkan juga yang menganut prinsip antikomunis), menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Labour Day dan menjadikannya sebagai hari libur nasional.  Setelah era Orde Baru berakhir, walaupun bukan hari libur, setiap tanggal 1 Mei kembali marak dirayakan oleh buruh di Indonesia dengan demonstrasi di berbagai kota.

Nah, udah tahu beda mayday dengan may day kan? Beda banget tho? Padahal hanya beda spasi saja lho, tapi ternyata sungguh besar perbedaannya. Maka, jangan sampai salah menggunakan istilah mayday ataupun may day ya.

(Dihimpun dari wikipedia.)

Baca juga : Menikmati teduhnya pantai Ngitun Gunung Kidul. Berasa punya pantai pribadi.

Advertisements

6 comments on “Beda Mayday dan May Day

  1. giewahyudi
    May 2, 2012

    Beda spasi doang tapi beda banget artinya, tapi karena mirip orang jadi nyatuin persepsi bahwa Hari Buruh itu tanda bahaya.. 🙂
    *****
    iya,cuma beda spasi. tapi beda banget artinya

    Like

  2. Pingback: Setelah KarTap, lalu apa? | Be Happy Brother

  3. Koran Gratis
    February 27, 2014

    Salam Kenal Bradher. Di Tunggu Visit Backnya Gan Visit Back KORAN GRATIS

    Like

  4. nuzulularifin
    May 1, 2014

    11 12 brother . . . . . Mayday…May Day…
    Entah, aku harus pilih yang mana? 🙂

    Like

  5. AZep
    May 1, 2015

    Reblogged this on ZaniraS and commented:
    Tanggal 1 Mei adalah peringatan hari buruh sedunia bisa dikatakan juga May Day, namun ada satu lagi Kata MayDay yang berarti bukan peringatan buruh sedunia, melainkan MayDay merupakan sinyal tanda bahaya Internasional yang digunakan dal;am komunikasi Radio, Mayday berasal dari bahasa Prancis “m’aidez” yang artinya tolong aku.

    Like

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter

Like and Join Us

%d bloggers like this: