SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

Aplikasi Android Terbaru : JOIN Alumni and School Friends

“Yuk JOIN”

Kata temen sambil memberikan link download JOIN di  Google Play. JOIN Alumni and School Friends adalah aplikasi android terbaru karya cowok cewek jogja yang telah didownload lebih dari 10.000 user dalam waktu yang singkat. Jumlah luar biasa yang  menunjukkan bahwa keinginan untuk mengadakan acara semacam reuni atau temu kangen dengan kawan lama begitu kuat. Aplikasi ini diharapkan dapat menjawab keinginan tersebut. Berbekal koneksi si kuning, saya segera meluncur menuju link yang diberikan untuk segera memasangnya dalam handphone Lenovo A390 ( 17 Januari 2014 ).

JOIN Alumni & School Friends : Register

download aplikasi android terbaru

Aplikasi ini masih baru. Fresh from the oven. Setelah sukses memasang aplikasi yang berukuran 6.46MB ini,  saya jalankan untuk mencoba. Halaman awal yang muncul adalah :

aplikasi android terbaru

Ada dua pilihan register :

  1. menggunakan facebook
  2. menggunakan nomor telepon

Dikatakan bahwa register menggunakan facebook akan lebih cepat daripada menggunakan nomor telepon. Namun register via facebook memakan waktu yang tidak sebentar. Saya hentikan proses dan beralih menggunakan pilihan register via nomor telepon. Malah lebih cepat daripada menggunakan facebook. Kemudian tap “next”.

Server akan mengirimkan 6 digit nomor registrasi. Awalnya saya tidak tahu kegunaannya dikarenakan setelah sms tersebut diterima, saya tetap dapat masuk dan meneruskan proses. Sehingga sms tersebut saya abaikan. Baiklah sebut saja dulu bugSementara.
Kemudian muncul pilihan grade sekolah. Saya memilih mengisi grade SMA ( HIGH ) terlebih dahulu. Isi nama kota, sekolah dan tahun angkatan. Aplikasi JOIN Alumni and School Friends ini mampu mengcover seluruh nama sekolah di seluruh Indonesia.

Join Alumni and School Friends

Saya menemukan bug disini – kemudian kita sebut bug1 – yaitu saat melakukan pencarian sekolah setingkat SMA atau SMKN. Saya ingin mencari SMKN 3 Yogyakarta. Ketika kamu menuliskan “angka” setelah “sekolah” seperti gambar contoh diatas, maka tidak akan muncul nama sekolah. Namun sebuah pesan eror “if your school name is ‘SMA Negeri 1 Yogyakarta please search with SMAN 1..’ or bla bla. Namun jika hanya dituliskan “SMKN” maka :

Join Alumni and School Friends

Menemukan SMKN 3 Yogya secara manual karena tidak dapat dicari dengan kata kunci lengkap. Kita lewati dulu bug1 tersebut. Setelah menemukan nama sekolah yang sesuai, isilah tahun masuk ajaran sekolah. Kemudian tap “next”.
Muncul form baru. Isikan nama, tanggal lahir, jenis kelamin yang ada disana.
Kemudian tap Next
Muncul form pengisian foto profil. Silahkan isi foto yang disukai.
Kemudian Next.  Oke kamu sudah masuk. Ditandai dengan munculnya pesan seperti berikut :

aplikasi android terbaru

Tinggal tap “START NOW” kita sudah bisa memulai reuni. Sistem otomatis mencari orang-orang yang sudah instal dan berada dalam alumni angkatan sekolah yang sama. Jika dalam list nomor yang kamu punya ada kawan belum menggunakan aplikasi ini, bisa kamu undang untuk turut menikmati aplikasi android terbaru yang pastinya akan semakin seru.

JOIN Alumni & School Friends : Experiment

Saya melakukan sedikit eksperiment (21 Januari 2014 ). Saya copot aplikasi ini kemudian saya download dan pasang lagi. Setelah pemasangan selesai, saya melakukan langkah yang sama seperti awal mula. Memasukkan nomor telepon guna registrasi. Muncul satu halaman yang tidak saya temukan pada instalasi tanggal 17 januari 2014, yaitu : Verify your ID

Saya coba masukkan nomor yang saya dapat pada tanggal 17 Januari . Setelah saya isi dan tap “next” langsung muncul nama sekolah atau grup-grup yang saya buat sebelum mencopot aplikasi ini.

Sms verifikasi kedua pun masuk dengan mengirimkan nomor yang sama ( 21 januari 2014 ).

Di point Experiment :

  • Database menyimpan data lengkap yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi pengguna sebagai alumnus yang sama (?)
  • Nomor verifikasi untuk mereka yang ingin menggunakan aplikasi ini lagi dikemudian hari(?)
  • Nomor verifikasi tetap untuk nomor yang sama (?)

JOIN Alumni & School Friends : Last but Not Least

Secara garis besar, Aplikasi JOIN Alumni and School Friends ini layak dipertimbangkan untuk menjadi satu-satunya aplikasi sosial media untuk reuni bersama teman-teman satu angkatan. Mengingat sistemlah yang mencarikan orang-orang dengan tahun angkatan yang sama dari sekolah yang sama. Hal ini sangat memudahkan pengguna yang biasanya kesulitan menemukan kawan lama karena beberapa hal semisal username yang tidak diketahui dan atau menggunakan karakter khusus hingga nama yang alay. Ini saya buktikan dengan membuat grup SMP. Seorang kawan muncul setelah sistem melakukan scanning grup SMP yang sama. Sangat mudah. Tidak perlu mengingat-ingat wajah dalam foto profil yang terkadang dipalsukan seperti sosial media lainnya.

Memang masih perlu banyak pembenahan, namun saya yakin kedepan Aplikasi ini akan menjadi aplikasi yang paling banyak dicari. Toh ini masih versi awal.
Saran untuk user : 

  • Download-lah dengan wifi gratisan. Lumayan berat untuk koneksi yang pas-pasan macam punya saya.
  • Setting layar untuk tetap nyala. Jika menyentuh layar ketika loading, maka akan kembali ke awal. Sebut saja bug2

Saran untuk Pengembang :

  1. Perbaiki bug1. Bug ini hanya ada di grade SMA saja. SD dan SMP tidak menemui kendala seperti disebut diatas.
  2. Perbaiki bug2
  3. Saat berkirim pesan. Jika keyboard masih aktif, maka pesan tidak terkirim meski koneksi ada. Namun jika keyboard ditutup ( tidak aktif ) pengiriman pesan sukses. Sebut saja bug3. Tolong diperbaiki

Buat kawan-kawan, tidak usah ragu untuk menggunakan aplikasi ini. Mudah instalasinya, mudah menemukan kawan alumni, mudah reuni dan akhirnya bisa mudah kopi daratnya nanti. Ayo menjadi penikmat pertama aplikasi ini. Ini link download JOIN. Buruan dan jadilah yang pertama mengulasnya.

NB : kondisi yang tertulis diatas adalah kondisi versi pertama (17-21 januari 2014)

6 comments on “Aplikasi Android Terbaru : JOIN Alumni and School Friends

  1. nuzulul
    January 22, 2014

    Masalah keprimitifanku sudah diungkapkan disini dab Wawan. Terus apa aku harus pinjam-pinjam n cari free wifi? 😀

    Like

    • Satusatuen
      January 22, 2014

      hahahahahahahaha…
      jangan gitu pak.
      Teruskan..
      hahaha

      Like

  2. jarwadi
    January 23, 2014

    Bug bug ini juga terjadi pada saya. Hehehe

    Like

  3. Arief Ramadhan
    January 24, 2014

    hahaha,, si akang udah post review aja nih.. 😀

    Like

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Information

This entry was posted on January 22, 2014 by in Informasi and tagged , , .

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter

