SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

Kamehameha, Goku dan Kerajaan

Apakah kamu mengenal tokoh ini?

credit to ananimex.com

Jika YA, berarti masa kecilmu bahagia.
Tokoh diatas adalah salah satu tokoh dalam serial Dragon Ball yang bernama Son Goku. Sebuah manga dan anime yang dikarang oleh Akira Toriyama dari tahun 1984 hingga 1995. Manga ini mengisahkan tentang seorang bocah bernama Son Goku yang hidup di tengah hutan bersama seorang kakek. Tak lama kemudian ia bertemu dengan gadis jenius bernama Bulma. Ia mencari bola ajaib yang konon bila dikumpulkan sebanyak 7 buah akan mengeluarkan seekor naga yang akan mengabulkan segala keinginan, bahkan untuk menghidupkan orang mati sekalipun. Dalam perjalanan manga ini, sang tokoh sering kali harus berhadapan dengan musuh-musuh yang berkekuatan besar.

Apakah sobat tahu jurus andalan Son Goku?

credit to trikla.deviantart.com

Jika YA, berarti masa kecilmu sangat bahagia. Jurus andalan Son Goku adalah Kamehameha. Sebuah jurus yang mengeluarkan sinar dari telapak tangan secara terus-menerus. Memiliki efek yang dahsyat, menghancurkan. Diajarkan oleh Guru Kamesennin, seorang guru yang sedikit cabul. Goku mempelajarinya dalam waktu yang singkat. Benda pertama yang menjadi korban adalah mobil sang guru. Sering dijumpai anak-anak kecil mempraktekkan jurus tersebut pada masanya. Dengan pose dan teriakan yang sama.

Tahukah kamu, Kamehameha bukanlah nama fiktif. Entah disengaja atau tidak, Kamehameha adalah tokoh yang memang sungguh-sungguh ada. Tepatnya di Hawaii.

Kamehameha I

Ia seorang raja yang mendirikan Kerajaan Hawaii. Dengan nama lengkap Kalani Paiʻea Wohi o Kaleikini Kealiʻikui Kamehameha o ʻIolani i Kaiwikapu kaui Ka Liholiho Kūnuiākea, ia mempersatukan kepulauan Hawaii. Ia dikenal dengan sebagai Kamehameha I dan Kamehameha The Great. Ia mempertahankan kemerdekaan Hawaii, memelihara perdamaian dan kemakmuran serta pembela nilai-nilai Hawaii dan sistem kapu untuk hukum dan agama. Ia dikenang karena hukum mamalahoe, yang oleh dunia digunakan untuk hak asasi manusia dari kaum sipil dalam peperangan.

lambang

(sumber wikipedia)

Jika benar Akira Toriyama meminjam nama Kamehameha dari tokoh diatas, sungguh beruntung bagi pengisi suara Dragon Ball. Karena jurus yang sering digunakan ini memiliki nama yang ringkas dan mudah dihafalkan. Bayangkan jika menggunakan nama lengkapnya, keriting tuh bibir. Lagi pula, musuh sudah kabur duluan sebelum jurus itu sukses dikeluarkan. Alih-alih dapat menaklukkan lawan, Son Goku sudah kecapekan hanya untuk mengucapkan nama jurusnya saja.

Advertisements

7 comments on “Kamehameha, Goku dan Kerajaan

  1. Tahta Laksana D
    April 12, 2014

    Lagian kalau pun dibaca semua namanya beliau, iya kalau benar. Kalau ada yang salah waktu di tengah bakal berabe tuh. Jurusnya nggak jadi keluar malah diketawain sama musuhnya. 😀 hhhaa

    Disisi lain nambah ilmu juga, dari hal kecil yang biasanya dulu aku lakukan ternyata itu adalah nama dari seorang raja di Hawaii. Salut dah

    Like

    • Satusatuen
      April 13, 2014

      tuh musuh bakal benerin genteng dulu trus ngepel lantai, belanja, mandi makan trus tidur siang, baru deh jurusnya kelar.

      Like

  2. aqied
    April 14, 2014

    cilikanku ora nonton dragonball soale tipiku mung ono TVRI.
    aku lebih banyak berpetualang mencari telur naga sendiri.
    *haiyah

    Like

  3. dodyprobo
    April 18, 2014

    Goku sekarang umurnya berapa ya?

    Like

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 12, 2014 by in Cerita and tagged , , .

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: