SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

26 April dan Bersatunya Dua Negara

Dua negara bergabung menjadi satu setelah sekian lama berada dibawah kekuasaan Britania Raya. Karena itulah 26 April menjadi hari yang bersejarah bagi dua negara Afrika tersebut. Republik Serikat Tanganyika dan Zanzibar, begitu awal penggabungan itu disebut. Menggunakan 2 nama negara mereka yang sekian lama mendambakan kemerdekaan.

Republik Serikat Tanganyika dan Zanzibar atau yang kemudian merubah nama negara mereka dengan Tanzania, termasuk dalam kategori negara miskin di dunia. Setelah kemerdekaan, Tanzania mengadopsi kebijakan ekonomi sosialis, mengakibatkan penurunan ekonomi yang parah. Negara menguasai ekonomi dan dimiliki semua perusahaan besar. Kebijakan nilai tukar dan harga berdasarkan mekanisme non-pasar, membuat ekspor rendah dan pertumbuhan PDB riil, inflasi tinggi, dan kekurangan luas. Produksi pertanian, andalan ekonomi, terus menurun.

Pada tahun 1986, Tanzania mulai liberalisasi ekonomi dan melakukan reformasi ekonomi parsial yang berorientasi pasar. Meskipun pemerintah liberalisasi sistem pemasaran pertanian dan harga domestik dan reformasi sistem dimulai keuangan, pertumbuhan ekonomi sangat lambat antara tahun 1986 dan 1995.

Sejak tahun 1996, Tanzania telah mengambil langkah-langkah agresif terhadap stabilisasi makroekonomi dan reformasi struktural. Munculnya Departemen Keuangan yang kuat, yang didukung oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dan mitra pembangunan lainnya, berperan dalam mempercepat reformasi fiskal dan membina perputaran kinerja fiskal. Namun, pertumbuhan ekonomi belum diterjemahkan secara signifikan memperbaiki kehidupan Tanzania rata-rata.

26 April 1986 merupakan hari buruk bagi Chernobyl. Sebuah reaktor meledak dan menghempaskan awan radioaktif ke langit. Akibatnya, partikel radioaktif dalam jumlah besar tersebar ke atmosfer di seluruh kawasan Uni Soviet bagian barat dan Eropa. Penduduk kota diungsikan. Peristiwa ini dianggap sebagai salah satu dari dua kecelakaan nuklir terburuk.

 

Chernobyl Disaster

Chernobyl_Disaster. wikipedia

Sekarang Chernobyl mungkin telah menyebabkan sekitar 1.000 kasus kanker tiroid dan 4.000 kasus kanker lainnya di Eropa, yang mewakili sekitar 0,01% dari semua kanker sejak insiden kecelakaan itu. Diprediksi bahwa pada tahun 2065 sekitar 16.000 kasus kanker tiroid dan 25.000 kasus kanker lainnya diduga karena radiasi dari kecelakaan itu, sedangkan beberapa ratus juta kasus kanker yang diduga dari penyebab lain.

Di Indonesia, tepatnya tanggal 26 April 1959 telah meninggal seorang aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Beliau yang lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 ini mendirikan suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda. Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara dengan Perguruan Taman Siswa-nya akan tetap dikenang dengan memperingati tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Demikian pula dengan seorang dai kondang asal Jakarta, Ustad Uje atau Jefri Al Buchori. Ia menginggal pada 26 April 2013 dalam sebuah kecelakaan tunggal di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Beliau meninggal pada usia 40 tahun. Meninggalkan seorang istri dan 4 orang putra-putri yang sholeh sholehah.

(sumber wikipedia)

 

Advertisements

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: