SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

Ngrenehan : Pantai Eksotis Yang Tersembunyi

ngrenehan beach

Wajah Lain Ngrenehan

Ngrenehan adalah sebuah pantai di wilayah Gunung Kidul. Bertipe teluk atau pantai yang menjorok ke daratan dengan dipenuhi perahu nelayan untuk mencari ikan. Pantai ini berpasir putih dengan ombak yang sedang. Sangat nyaman bagi yang senang berenang dan bermain air bersama keluarga. Karena bertipe teluk, tentu saja ada tanjung yang menambah keindahan pantai Ngrenehan.

Pantai yang berada di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari ini konon berasal dari kata “reneh” yang dalam bahasa Indonesia berarti “kesini”. Sebuah kata bahasa jawa yang meminta seseorang untuk datang. Kabarnya, Raden Fatah pernah datang hanya untuk mencari orang tuanya yang melarikan diri. Karena tidak menemukan jejak, Raden Fatah berdiskusi untuk menemukan cara agar dapat mengajak (pangreneh) orang tuanya. Dari situlah nama Ngrenehan bermula. Terlepas dari benar tidaknya hal tersebut, Pantai Ngrenehan telah berkembang dan menjadi sumber perekonomian masyarakat sekitar.

Akses menuju pantai teluk ini terbilang sulit. Karena kurangnya – jika enggan dikatakan tidak ada – kendaraan umum menuju kesana. Pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi jika ingin menikmati suasana pantai yang asri tersebut. Dengan jarak tempuh kurang lebih 2 (dua) jam dari kota Yogya dengan medan yang naik turun, dibutuhkan kondisi prima bagi siapapun yang menjadi drivernya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pantai teluk ini sebenarnya adalah pantai nelayan, ditandai dengan banyaknya perahu yang bersandar di pasir putihnya yang berkilau. Airnya cenderung tenang, ombaknya sesekali menyapu anak-anak yang bermain bersama orang tuanya. Disediakan perahu bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi di tengah pantai. Hanya dengan Rp. 5000/orang, pengunjung dapat menikmati fasilitas ini. Makanan yang dijual terhitung masih ramah di kantong. Ikan bawal Rp 75.000/kg, Tuna Tongkol Salmon Rp 35.000/kg, Udang goreng tepung Rp 25.000 per 0,25 kg, upah masak antara Rp 5.000 – Rp 10.000/kg, Kelapa Muda Rp 8.000, Air mineral Rp 5.000.

Ada 5 view untuk menikmati Pantai Ngrenehan ini. View 1 adalah pemandangan pantai dari Berm yang terbentuk jelas dan menjadi tempat sandar perahu nelayan. View 2 dengan menaiki perahu yang disediakan. Tentu saja pengunjung perlu menyediakan mahar 5000 rupiah per orang.

View 3, Anda harus menaiki bukit yang berada di sebelah kiri pantai. Melewati sebuah bangunan serupa benteng yang entah dibangun pada tahun berapa. Dari sanalah foto di bawah ini diambil.

ngrenehan beach

View 4, melalui track yang sama namun ambil jalan ke kanan. Melewati kandang sapi ( jika masih ada ) -8.122316, 110.514653

View 5, melalui track untuk menuju view 4 namun terus ke arah timur. Menuruni bukit dan melewati kebun singkong ( jika masih ada )  dan sampailah pada koordinat -8.122523, 110.516255. View 5 seakan menjadi pantai privat bagi anda.

Untuk memudahkannya, silahkan amati gambar di bawah ini. Rute hijau adalah untuk menuju view 3, biru adalah rute menuju view 4 dan ungu adalah jalur menuju view 5. Namun view 5 bukan pada pantai yang sama.

pantai ngrenehan

Jalur yang akan anda temui adalah jalur terjal yang tidak atau kurang nyaman jika mengenakan celana jeans atau rok bagi perempuan. Jadi sangat disarankan untuk mengenakan celana yang longgar dan sepatu untuk mencapai view tersebut.

Ngrenehan : Pantai Eksotis Yang Tersembunyi

Pantai Ngrenehan yang berada di koordinat -8.121179, 110.514190 ( Google Maps ) ini menawarkan suasana yang teduh, tenang dan asri. Lahan parkir yang luas serta keramahan penduduknya menjadikan pantai ini sulit untuk dilupakan. Sebelum berangkat pastikan  mesin dan rem dalam kondisi maksimal serta sangat disarankan untuk mengisi bahan bakar penuh karena spbu sulit ditemui.  Tidak adanya penginapan di sekitar pantai Ngrenehan menjadikan pantai ini sebagai one day trip yang artinya kita tidak dapat bermalam disana dan harus segera kembali ke kota sebelum senja tiba.

Bagi pengunjung yang gemar berinteraksi online dan mengupdate kegiatannya sepertinya harus bersabar. Hanya jaringan seluler merah yang sementara dapat masuk. Jaringan lainnya sangat minim, sehingga penulis tidak dapat online sama sekali. Apabila pembaca menggunakan jaringan seluler selain warna merah, sebaiknya gunakan mode offline dan matikan sambungan data pada handphone. Hal tersebut berguna untuk menghemat daya baterai. Karena sesungguhnya hp akan terus menerus mencari sinyal dan jaringan internet apabila tidak dimatikan. Lumayan untuk mengaktifkan kamera dan narsis ria.

Namun bagi anda yang gemar petualang, cobalah menuju view 5 atau terus berjalan ke arah timur. Anda akan menemui pantai yang masih sepi. Rasa lelah akan terbayar lunas saat itu juga dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Itulah mengapa pantai ini sesungguhnya eksotis namun tersembunyi karena akses yang sulit dan jaringan internet yang terbatas.

Tapi tetep, Mari bertualang.

Sponsor tulisan : —

Advertisements

20 comments on “Ngrenehan : Pantai Eksotis Yang Tersembunyi

  1. Pingback: Ngrenehan Beach : The Hidden Exotism | Jogjaminded.comJogja Minded

  2. Dmilano
    August 17, 2014

    Saleum,
    Setiap kali saya membaca tentang pesona alam, selalu aja tergerak untuk dapat mengunjunginya. trims atas info pesona alamnya sob…

    Like

    • Satusatuen
      August 18, 2014

      Terima kasih kembali bro. Makasih juga udah mampir.

      Like

  3. Adi Pradana
    September 5, 2014

    Belum pernah ke ngrenehan, kapan2 kesana ah…

    Like

    • Satusatuen
      September 5, 2014

      woh, harus.
      harus ngajak-ajak maksudnya
      :v

      Like

      • Adi Pradana
        September 11, 2014

        Ajak ga ya…. ahihihihi

        Like

      • Satusatuen
        September 12, 2014

        ajak dooooonng, pleaasseee, ke semua tempat wisata jogja
        :v

        Like

  4. Jejak Parmantos
    September 14, 2014

    Keren nih pantai, pasirnya ampe ketengah ngga mas? atau berkarang kayak pantai sundak?

    Salam KBJ

    Like

    • Satusatuen
      September 15, 2014

      sampe ketengah. sebelah kiri berkarang bro. ayuk kapan-kapan kesana.

      Like

      • Jejak Parmantos
        September 15, 2014

        Sayange aku lg mboten ning jogja mas, itu rutenya searah sundak ya?

        Like

      • Satusatuen
        September 15, 2014

        sepertinya engga. emm, coba deh cek gmaps. hehehehe.
        kapan ke jogja?

        Like

  5. bundaily
    September 19, 2014

    Bagus yaa ini. Tahun lalu saya kesitu

    Like

  6. bundaily
    September 19, 2014

    jadi pengen lagi kesitu

    Like

    • Satusatuen
      September 19, 2014

      kalo kesana lagi, jangan lupa ajak-ajak ya. Hahahaha

      Like

      • bundaily
        September 23, 2014

        haha, boleh boleh. Bisa diatur mas, hehe

        Like

  7. suluh321
    September 27, 2014

    Saya beberapa kali kesana mas… pemandangan yang asri, pernah juga pas kesana cari kerang-kerangan untuk hiasan akuarium, bawa sekarung kerang.

    Like

  8. maslasno
    October 15, 2014

    Saya malah belum pernah singgah, padahal ga jauh dari rumah.
    Salam.

    Like

    • Satusatuen
      October 15, 2014

      wah, gimana itu. bagus banget lhoo. kapan-kapan saya mampir kesana ya?

      Like

  9. Pingback: Tiga Pantai Nampu Wonogiri Yang Mempesona | SatusatuenMagz

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 30, 2014 by in Pariwisata and tagged , , , .

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: