SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

Sensasi Klasik Di Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja

Cupuwatu Resto Tempat Kuliner khas Jogja

“Apa itu Cupuwatu?”

Cupu dalam khasanah jawa adalah semacam kendi kecil. Kita mungkin sudah mengenal nama Cupu Kyai Penjala atau Cupu Manik Astagina. Keduanya memang berbeda, namun keduanya sudah dikenal oleh masyarakat, khususnya masyarakat jawa. Cupu Kyai Panjala sudah sering diberitakan ketika akan dibuka. Yang membuat menarik adalah ramalan-ramalan terkait gambar yang muncul kala kain penutupnya dibuka satu per satu.

Sedangkan Cupu Manik Astagina, yang menurut pewayangan jawa, adalah milik Bathara Surya. Entah bagaimana, cupu tersebut berada di tangan Dewi Indradi, ibu dari Anjani, Subali dan Sugriwa. Gara-gara tertarik dengan keindahan cupu tersebut, ketiga anak manusia itu saling berebut. Mengetahui hal itu, selaku ayah, Resi Gotama marah dan melemparkan sumber perselisihan jauh-jauh.

Cupu Manik Astagina jatuh di atas sebidang tanah yang kosong. Ia berubah menjadi telaga yang luas. Subali dan Sugriwa yang tiba lebih dulu mengira bahwa cupu yang mereka cari jatuh dan tenggelam di telaga tersebut. Tidak ingin kehilangan begitu saja, mereka menceburkan diri untuk mendapatkan benda kahyangan itu. Seketika, mereka berubah menjadi kera. Anjani yang tidak mengetahui hal tersebut, tiba terakhir. Merasa kepanasan, ia mencuci wajahnya dengan air jelmaan cupu manik astagina tersebut. Serta merta wajah dan tangannya berubah menjadi wajah dan tangan kera.

Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja

Di Kalasan, Yogyakarta, berdiri sebuah restoran berkonsep jawa tradisional. Mulai saat menginjakkan kaki di halaman parkirnya, kita akan disambut sebuah pemandangan yang tak biasa. Sebuah kuda kayu lengkap dengan keretanya terpajang manis tepat di depan resto ini. Gong kecil, ukiran-ukiran kayu, lampu unik dan kipas yang terpasang diatas menambah kesan jawa yang sangat kental. Meja dan kursi kayu dengan balutan rotan benar-benar membuat resto ini sangat homy. Cupuwatu Resto, telah menjadi salah satu jujugan pecinta kuliner jogja.

cupuwatu resto tempat kuliner khas jogja
cupuwatu resto tempat kuliner khas jogja
cupuwatu resto tempat kuliner khas jogja

Adapun menu-menu yang disajikan adalah sebagai berikut

Malon BBQ terasa sangat manis seperti madu. Menu ini menjadi favorit pengunjung Cupuwatu Resto yang datang dari berbagai kalangan. Malon Bumbu Kuning sangat gurih, saking gurihnya terasa sampai ke tulang. Bagi yang gemar mengunyah tulang (*seperti penulis) dapat melakukannya dengan senang hati. Malon Peking memiliki kekhasan yang berbeda. Daging Malon Peking begitu wangi dan lembut. Seperti halnya Malon BBQ, Malon Peking juga menjadi favorit para penikmat kuliner khas yogyakarta di resto ini.

cupuwatu resto tempat kuliner khas jogja

Malon Bakar Klaten, tidak sesuai namanya yang tradisional dan kaki lima. Menu ini sangat nikmat berkualitas resto. Lembut dan terasa bumbunya di daging burung bule kebanggaan resto yang berdiri di jalan Solo km 11,8 ini. Begitupun dengan Mie Malon, menu baru. Mie ini terasa segar. Bumbunya terbalut mesra di sepanjang mie.

cupuwatu resto tempat kuliner khas jogja

Bagi penikmat kuliner jogja, jangan sampai terlupakan untuk mencoba satu varian gudeg yang hanya ada di Cupuwatu Resto. Gudeg Malon.

Gudeg Malon adalah satu varian gudeg yang diracik tangan-tangan kreatif resto ini. Berbeda dengan gudeg lainnya, Gudeg Malon berisikan daging malon sebagai ganti dari daging ayam pada umumnya. Kuliner Jogjaย ย satu ini siap untuk menjadi oleh-oleh kerabat dan sanak saudara dimanapun berada.

Malon Halilintar, satu lagi menu baru. Malon yang dibalut dengan sambal spesial yang menjadikannya sangat terasa nikmat. Pedasnya cukup membuat penikmatnya berkeringat. Bumbu alami yang digunakannya terasa sekali. Dagingnya lembut, tulang-tulangnya dimasak sedemikian rupa sehingga enak dan empuk. Salad yang segar sangat menantang untuk dihabisi.

cupuwatu resto tempat kuliner khas jogja

Sebenarnya apa itu Malon??

Malon adalah singkatan dari Manuk Londo. Mungkin lebih dikenal dengan Burung Bule daripada nama aslinya French Quail. Memang terasa sangat sulit di lidah pribumi sehingga akan lebih mudah disebut dengan manuk londo saja. French Quail adalah sejenis puyuh pada umumnya namun berpostur lebih besar, mungkin karena perbedaan postur dan asal burung tersebut maka masyarakat lebih memilih untuk memanggilnya dengan Burung Bule.

Bagaimana cara menuju Cupuwatu Resto, Restoran di Yogyakarta ?

Lokasi Cupuwatu Resto, resto yang menyajikan olahan Malon ini berada di koordinat -7.778771, 110.455361 pada Google Maps. Berada di pinggir jalan Jogja – Solo. Mudah ditemukan karena terlihat jelas. Kuda kayu dan keretanya menjadi penunjuk yang sangat jelas.

cupuwatu resto tempat kuliner khas jogja

Monggo para pemburu kuliner khas Yogyakarta, silakan untuk mencoba dan mencicipi kuliner jogja di Cupuwatu Resto, salah satu tempat keren di daerah wisata candi ini. Cupuwatu Resto menjadi salah satu restoran di Yogyakarta yang wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi saat berwisata di Jogja.

Segera buktikan bahwa Manuk Londo memang besar dan tahan lama nikmatnya.

Advertisements

33 comments on “Sensasi Klasik Di Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja

  1. wah,, foto saya kok ndak apa mas?? hehehe

    Like

  2. Adhi p
    September 22, 2014

    salah satu kuliner jogja yang bikin aku tericih icih krn enaknya adalah malon si manuk londo alias burung bule dari cupuwatu resto malon si puyuh perancis yang ditangkar untuk jadi menu spesial restoran di yogyakarta yaitu cupuwatu resto, mak nyus

    Like

  3. cia yang posting pakai jurus halilintar…. makan, ngetik bentar, makan lagi, ngetik bentar minum lagi….

    *aku komen ikut2an pakai nama judul postingan -korban seo2an-

    Like

    • Satusatuen
      September 23, 2014

      Cupuwatu resto tempat kuliner khas jogja
      hahahahahahaha
      nek pola nulis e ngono iso beneran mbedah wetengku. (wes mbedah je)
      Rapopo mba dadi korban seo-an.
      Sekalian cek, beneran munggah ngga posisine.

      Like

  4. apritos
    September 22, 2014

    Malon nek di tongseng enak ura yo om

    Like

    • Satusatuen
      September 23, 2014

      jos mesthine. request wae karo Cupuwatu Resto tempat kuliner khas jogja

      Like

  5. nuzulul
    September 23, 2014

    Malonmu ukurane kok cilik mas Wawan.
    Jal tiliki ukurane Malonku… ๐Ÿ™‚

    Like

    • Satusatuen
      September 23, 2014

      tapi Malon saya tahan lama lho pak. Yang lain udah abis, punya saya masih tegak berdiri. :v

      Like

      • firmansyah
        September 23, 2014

        malonnya mas wawan nggak dikunyah tapi dijilat, jadinya berdiri. kalau malon ku pedes, baru sedikit aja udah gobyos.

        Like

      • Satusatuen
        September 28, 2014

        podo waee. :v
        nggonku yo halilintar

        Like

  6. angkisland
    September 26, 2014

    uwwowoohh hadiahnya ngeriii mas bagi” rejeik y kalo menang mas hehee…semoga juara mas mantap dah, owalah yg bikin geger blogger jogja si manok londo to mas keren” dah saya kmrin gak bisa ikutan hehe sukses y mas mantap ^-^

    Like

  7. muhammad khoirudin
    September 27, 2014

    saya pernah denger ceritanya pas pelajaran bahasa jawa di SMA dulu. saya takut klo di suruh maju buat bercerita dengan bahasa sendiri

    mungkin restorannya juga menarik keinginanku untuk makan makan di kalasan

    salam blogger bengawan

    Like

    • Satusatuen
      September 28, 2014

      monggo, silakan mampir kesana dan jangan lupa…traktir saya :v

      Like

  8. seo
    September 27, 2014

    I do accept as true with all of the concepts you’ve presented to your
    post. They’re really convincing and can definitely work.
    Still, the posts are very short for starters. May just you
    please prolong them a little from next time?
    Thank you for the post.

    Like

  9. burselfwoman
    September 30, 2014

    Hihiiii sayang nggak bisa ikutan. Tampaknya testernya lezat2

    Like

    • Satusatuen
      September 30, 2014

      selalu pantengin group, mba. Kalo ada info, pasti dishare disana.

      Like

  10. Rizka
    October 2, 2014

    aku mikir cupu itu orangnya cupu.
    btw, liat fotonya tampaknya enak banget makananannya

    Like

  11. priangga otviapta
    October 11, 2014

    Waaaaah keren iki mas, t4nya bener-bener indah makananya pasti enak banget itu
    sayang aku orang pontianak jadi ga bisa kesana nyicipin
    salam kenal mas dan brknjg jga ke blogku ya

    Like

    • Satusatuen
      October 13, 2014

      kapan-kapan kalo ke jogja, mampir kesana. ajak-ajak ya. :v

      Like

  12. peluang usaha
    October 14, 2014

    suasananya klasik..kapan kapan main ah

    Like

  13. Pingback: Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja | Jogjaminded

  14. rikoyudiansyah2910
    October 22, 2014

    Halo gan, mohon maaf ane mau nawarin jasa penulisan artikel indonesia cocok untuk blogger yang males nulis artikel. artikel yang ane tulis 100% unik dan lulus copyscape, seo friendly pasti dong.

    info lengkap buka lapak kaskus ane gan dimari http://kask.us/hOLu2 ,
    terimakasih gan ๐Ÿ™‚

    Like

    • Satusatuen
      October 22, 2014

      yang di blog pakaian wanita itu contoh tulisannya?

      Like

  15. Pingback: Sensasi Klasik Di Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja | The Talen

  16. Phie
    October 30, 2014

    Untung wae sing digratiske mung sepasang (malon + minumnya), coba yen ditambahi … jiaan bedhah tenan wetenge, Mas, hihihihi ๐Ÿ˜›

    Like

  17. vbrian13
    October 31, 2014

    wah enak ki, harga mahasiswa

    Like

  18. Cahya Baroto
    November 25, 2014

    Harganya kisaran berapa? Kelihatan enak.

    Like

  19. alnajwa
    January 19, 2015

    wih jadi lapar lagi lihat post ini meski sudah makan tadi

    Like

  20. jtxmisc
    April 27, 2015

    keren mas ๐Ÿ˜€ , wah ini benar yah? terima kasih sekali infonya.

    Like

  21. Wisata Sumatera Barat
    August 21, 2015

    great points altogether, you simply won a new reader.
    What might you suggest about your publish that you just made some days in the past?

    Any sure?

    Like

    • Satusatuen
      August 22, 2015

      komen pake bahasa indonesia aja yak, kan wisata sumatera barat. Kecuali bulk komen pake bot. :v

      Like

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: