SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

Siapkan Tas Siagamu

Seperti yang kita tahu, bencana dapat terjadi dimana saja. Bencana merusak segalanya. Ia dapat memupus mimpi dan harapan. Sanggup menenggelamkan segenap asa. Bencana datang tiba-tiba dan tanpa belas kasih. Menerjang siapa saja dan apa saja yang ada dihadapannya. Beberapa mungkin dapat kita cegah dengan mengubah mindset manusianya, sedangkan sebagian yang lain memang kehendak yang Kuasa. Yang terbaik yang dapat kita lakukan adalah bersahabat dengan alam serta menyiapkan segala sesuatu sebelum semua hal itu terjadi.

Siaga bencana perlu dilakukan oleh masyarakat dimana saja ia berada. Baik itu pedesaan maupun perkotaan. Siaga bencana bertujuan agar masyarakat siap dalam menghadapi bencana yang datang setiap waktu.

Adalah penting mengenalkan siaga bencana kepada buah hati. Ia adalah aset berharga dalam kehidupan setiap keluarga. Ia akan belajar banyak. Mulai dari memilah apa yang harus dibawa ketika bencana terjadi hingga belajar membantu mendirikan tenda. Bukankah bencana menerjang siapa saja?

Seperti yang dilakukan oleh anak-anak TK sekecamatan Mantrijeron dalam Outbound Bersama beberapa waktu lalu. Mereka belajar untuk sigap saat sebuah bencana datang. Belajar membuat rakit dari batang pohon pisang, jerigen kosong, ban ataupun dari batang bambu. Mereka juga belajar mendirikan tenda serta menentukan barang yang wajib atau tidak wajib untuk dibawa saat terjadi bencana. Memang, pekerjaan tersebut dominan dilakukan oleh pendamping. Namun menjadi simulasi yang tepat untuk anak agar ketika sebuah bencana melanda, diharapkan mereka tahu apa yang seharusnya dilakukan.

outbound bersama kecamatan mantrijeron

Anak-anak mendengarkan intruksi apa saja yang perlu dan tidak peru dibawa saat bencana.

Gambar diatas adalah saat instruktur menjelaskan kepada peserta Outbound Bersama tentang apa saja yang wajib dibawa serta apa saja yang tidak perlu dibawa. Meskipun saat simulasi, beberapa anak memaksakan untuk memasukkan bola dan boneka ke dalam tas siaga bencana mereka.

Berikut adalah barang-barang yang perlu dipersiapkan di dalam tas siaga bencana.

outbound bersama kecamatan mantrijeron

nah, persiapkan yang diperlukan saja ya. Boneka, bola, bantal, ditinggal saja.

  • Obat-obatan
  • Makanan siap santap atau biskuit
  • Satu atau dua pasang pakaian
  • Fotokopi tanda pengenal
  • Lilin dan korek api
  • Senter dan baterai
  • Air minum
  • Sarung atau selimut
  • Alat mandi

Sebaiknya, tas siaga bencana ini diletakkan di dekat pintu. Sehingga apabila terjadi bencana dapat langsung diambil saat berusaha menyelamatkan diri.

outbound bersama kecamatan mantrijeron

Simulasi banjir yang diberikan membuat anak-anak tertantang untuk menaiki rakit lagi dan lagi.

Gambar diatas adalah simulasi terjadinya bencana banjir. Setelah membuat rakit dari barang-barang yang tersedia, anak-anak dipersilahkan untuk menaiki rakit tersebut. Tentu dengan pengawasan instruktur dan pendamping.

outbound bersama kecamatan mantrijeron

Terpal ini ga ringan lho kakak. Bantuin tho, jangan berdiri saja.

Betapa bersemangatnya mereka saat diminta untuk membantu mendirikan tenda. Mengangkat terpal yang akan digunakan sebagai atap dan alas itu tidak mudah. Simulasi yang dimainkan adalah menerima kiriman peralatan tenda dari tim penerjang banjir dan membawanya ke tempat yang lebih tinggi dan nyaman untuk didirikan tenda.

Inilah ekspresi mereka saat tenda berhasil didirikan.

outbound bersama kecamatan mantrijeron

Belum capek kan?

Sesungguhnya tenda ini belum sepenuhnya berdiri. Namun mereka sudah saling berebut untuk merasakan bermain di dalam tenda. Betapa cerianya dunia mereka.

Bermain dan belajar adalah sebuah kegiatan yang sesungguhnya tidak dapat dipisahkan. Karena saat bermain, seorang anak sebenarnya sedang belajar. Demikian pula proses belajar yang terbaik adalah saat ia bisa melakukannya senyaman saat bermain. Outbound Bersama ini adalah sarana bermain dan belajar untuk menambah wawasan anak akan bencana dan persiapan antisipasinya.

outbound bersama kecamatan mantrijeron

Keceriaan peserta outbound bersama kecamatan mantrijeron

Advertisements

One comment on “Siapkan Tas Siagamu

  1. edi padmono
    February 16, 2015

    Keren kegiatannya anak – anak

    Like

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 15, 2014 by in Review and tagged , , , .

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: