SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

Menonton Upin Ipin dan Adit Sopo Jarwo

Ipin Upin vs Adit Sopo Jarwo

Siapa yang senang menyaksikan Upin Ipin dan Adit Sopo Jarwo?. Jika ada pertanyaan seperti itu, saya akan tunjuk jari dan berkata “saya”. Tidak perlu malu mengakuinya. Meski sudah setua ini, saya tetap senang menonton tayangan tersebut bersama anak saya. Bahkan tidak jarang melihatnya di situs Youtube. Lebih sering lagi, kegiatan itu menjadi rebutan. Laptop hanya satu, tapi keinginan ada dua. Orang tuanya ingin ngeblog, anaknya ingin Youtube.

Upin Ipin dan Adit Sopo Jarwo adalah dua karya yang berbeda. Perbedaan yang mencolok adalah asal produksinya. Yang satu dari negara tetangga sedangkan yang lain dari negeri sendiri. Perbedaan yang lain, menurut admin, adalah penyampaian hikmah atau penyampaian pesan dari serial tersebut.

Upin Ipin lebih memilih menyampaikan pesan moral tidak secara langsung. Cerita berjalan apa adanya. Disisipi pesan yang baik untuk penonton. Dengan keluguan dan kelucuan karakter tokohnya, tanpa disadari kita sudah mendengarkan petuah-petuah bijak. Tema Upin Ipin juga sering yang tidak berat-berat seperti Menabung, Makan sayur-mayur demi kesehatan, Rajin membantu orang tua, dan lain sebagainya. Tokoh dalam serial ini sangat beragam, multi etnis. Malaysia, Cina, India, ada di dalamnya. Karakter Indonesia juga dibuat– meski sedikit pemunculannya.

Di sisi yang lain, Adit Sopo Jarwo lebih Indonesiawi. Tayangan ini memilih menyampaikan pesan moral secara langsung. Cerita berjalan apa adanya, namun pesan disampaikan setelah salah satu karakter (biasanya si Jarwo) melakukan kesalahan. Sejurus kemudian, pak Haji – yang entah kenapa wajahnya mirip sekali dengan Dedy Mizwar – memberikan nasihat-nasihatnya. Tidak jarang juga ada bully membully di sini. Tema yang diusung terkadang berat-berat. Misalnya Menjaga Amanah, Cek dan Ricek Informasi, Menepati Janji dan lain sebagainya. Tokohnya tidak beragam seperti Upin Ipin. Kalaupun ada, hanya numpang lewat.

Keduanya memang tampil sebagai tayangan anak-anak dengan balutan animasi yang bagus. Keduanya juga tampil untuk memberi pelajaran yang berharga kepada penontonnya, dalam hal ini adalah anak-anak. Karena memang, anak-anak perlu diberi informasi yang tepat demi membangun pribadi yang baik.

Dalam tulisan ini disebut tayangan Adit Sopo Jarwo adalah tayangan yang Indonesiawi karena memang seperti Indonesia pada umumnya. Nasihat-nasihat terucap ketika baru terjadi kesalahan. Nasihat baru akan didengar bila tokoh agama yang berkata. Dan sepertinya ingin menyampaikan bahwa harus tokoh agama yang bertindak untuk memberikan kaidah-kaidah kehidupan.

Admin menjadi teringat masa kecil yang dipenuhi hal serupa. Ketika melakukan kesalahan, nasehat yang kerap didengar selalu diawali “makanya.. bla bla bla”. Pun demikian halnya yang terjadi saat ini. Kesalahan yang dilakukan akan diberi nasihat dengan awalan “makanya”. Sepertinya hal tersebut sudah disetting default dan loop dari generasi ke generasi.

Lantas bagaimana?

Ya tidak bagaimana-bagaimana. Kita sudah terlalu sering dibuai dengan kalimat “Penonton sudah pintar. Dapat memilah yang baik dan benar”. Kalimat itu sesungguhnya berarti, “ngapain lu urusin. Modalnya milyaran tauk. Pokoknya, harus tetep tayang”. Sehingga hemat admin, dampingi anak dalam menyaksikan tayangan apapun, produksi darimanapun. Tidak ada filter di atas ya pasang filter di bawah.

makanya Wok, ngeblog aje. Pan ude gue bilang.
he he, iya bang haji

Advertisements

One comment on “Menonton Upin Ipin dan Adit Sopo Jarwo

  1. katamiqhnur.com
    April 16, 2015

    hahaha…
    mantap-mantap…
    mampir balik yaa…

    Like

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 16, 2015 by in Cerita and tagged , .

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: