SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

Menikmati Teduhnya Pantai Ngitun Gunung Kidul | Pantai Ngetun

Pantai Ngitun Gunung Kidul, Dulu

Dua tahun kemarin, pantai ini masih sepi. Bahkan pada hari liburpun tidak ada pengunjung. Keadaanya masih sangat apa adanya. Jalanan bebatuan, berlubang dalam, dapat dijumpai beberapa kilo sebelum pantai di Gunung Kidul ini. Sekarang, bagaimana keadaannya?

Saat kami kunjungi beberapa waktu lalu, salah satu pantai baru di Gunung Kidul ini nampak bersiap untuk menggeliat. Satu unit backhoe dikerahkan untuk membuka bukit dan menggunakan bebatuan yang ada untuk meratakan jalan. Memang, akses jalan menuju pantai Ngitun masih sulit. Nampaknya pihak terkait menyadari dan berupaya untuk meratakannya.

akses menuju pantai ngitun gunung kidul

baru direnovasi.

Jika tidak salah lihat, pada papan penunjuk jalan, nama pantai yang kita tuju ini adalah Pantai Ngitun. Namun entah bagaimana caranya, di Internet, kita akan lebih sering menemukan nama pantai ini menjadi Pantai Ngetun. Sehingga terkadang terjadi keraguan terhadap apa yang kita dapat di SERP. Yang bener mana? Pantai Ngetun apa pantai Ngitun ? Sama aja. Yang kita bicarakan disini adalah sebuah pantai yang masih perawan ting-ting.

Terletak di Sureng, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Petunjuk menuju Pantai Ngitun baru bisa kita lihat di tepi jalan Wedi Ombo, Tepus, Gunung Kidul. Tepatnya di sebelah kanan jalan, jika kita melaju dari arah Pantai Pok Tunggal. Papan petunjuk tesebut terletak di sudut jalan, kecil, bergaris warna kuning namun terlihat dari kejauhan. Kita masuk melalui jalan tersebut.

jalan menuju pantai ngitun gunung kidul

Masuk lewat sini

Beberapa kilo kedepan, jalanan beraspal baik dan halus. Namun kemudian berganti dengan jalan cor semen.

jalan menuju pantai ngitun gunung kidul

Jalan cor semen. Setelah ini, bersiaplah.

Setelah itu, bersiaplah dengan terapi bokong, pinggang dan berharap ban kendaraan tidak bocor. Hal tersebut disebabkan karena kita akan melewati jalanan berbatu, naik turun. Hati-hati.

 

jalan menuju pantai ngitun gunung kidul

nah, ini dia. Terapi bokong

Seperti yang tertulis diatas, disana sedang ada perataan jalan. Sehingga kami berhenti di mata air Sureng untuk parkir kendaraan. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki. Cukup jauh, tapi tidak cukup jauh untuk membuat kaki lelah. Karena kita bisa melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Suasana perjalanan tersebut menjadi seperti hiking melintasi hutan lindung yang menyegarkan. Suara kicauan burung sahut menyahut, daun-daun yang bergesekan, sepoi-sepoi angin, adalah sebuah kemewahan yang sulit didapatkan.

Baca juga : Pantai Ngitun Keindahan yang Tersembunyi

Segar Alami

Pantai Ngitun adalah pantai yang teduh. Nyaman dan asri banget. Kita bisa berkemah disana. Mengenai air bersih, kakak-kakak KKN UGM 2013 (?) sudah mengupayakannya. Mereka menghubungkan mata air Sureng ke pantai dengan pipa sehingga dapat dinikmati oleh pengunjung dan masyarakat sekitar. Mata air yang muncul dari dalam bukit tersebut cukup deras dan, menurut warga, tetap mengalir meski musim kemarau.

pantai ngitun gunung kidul yogyakarta

rindang dan sejuk

Panjang pantai kisaran 75 meteran. Berpasir putih dengan ombak yang lumayan besar. Tidak terlihat biota laut disana. Menurut warga, dahulu banyak yang mencari lobster. Namun karena sangat jarang dan harga jualnya murah, maka kini alat penangkap lobster mangkrak di sekitar pantai.

Perhatikan yang ini

Di kanan dan kiri pantai ada bukit yang bisa kita daki. Dari atas sana, terlihat pemandangan laut yang luar biasa. Jalan menuju puncak bukit kiri bisa kita temukan di dekat toilet. Dari sanalah kita mulai mendaki. Terlihat jelas jejak-jejaknya. Jika menemukan persimpangan, ambil saja yang kanan. Karena jalur yang kiri akan menuju sebuah pohon besar dengan satu makam di bawahnya. Entah makam siapa, namun saran saya, ucapkan salam dan bersikap sopan. OOT dikit, saya datang siang hari namun ketika melewati tempat itu, terasa banget dunia lainnya. Jika takut, di persimpangan sebelumnya silakan belok kanan. Lurus melewati kebun singkong dan temukan pemandangan luar biasa dari puncak bukit. Boleh selfie di puncak, tapi harus memperhatikan keamanan. Jangan sampai kita mengulang kisah pendaki yang terpeleset di Gunung Merapi.

pantai ngitun gunung kidul jogja

Pemandangan dari puncak bukit

Pada kunjungan berikutnya, saya akan memilih parkir di mata air Sureng dan kemudian menikmati suasana alam sepanjang perjalanan menuju pantai. Meskipun sudah disediakan lokasi parkir di dekatnya. Bagaimana denganmu?

Sponsor tulisan : Seorang teman yang siap mengantar berwisata di Jogja. Email saya untuk nomor teleponnya. wwnsetyawan@gmail.com

Advertisements

2 comments on “Menikmati Teduhnya Pantai Ngitun Gunung Kidul | Pantai Ngetun

  1. Pingback: Tiga Pantai Nampu Wonogiri Yang Mempesona | SatusatuenMagz

  2. Pingback: Beda Mayday dan May Day | SatusatuenMagz

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: