SatusatuenMagz

Menulis Mengabarkan

Tiga Pantai Nampu Wonogiri Yang Mempesona

Jalan Menuju Pantai Nampu Wonogiri.

Selamat Idul Fitri 1436 H. Mohon maaf lahir batin ya. Hehehehe, Biarin telat.

Liburannya kemana nih? Udah nyamperin semua objek wisata pantai jogja wonosari? Sepertinya ngga mungkin ya, kalau mau nyamperin semuanya. Paling hanya satu dua pantai saja yang bisa dikunjungi. Apalagi hanya sehari – dua hari liburannya. Tapi ngga apa, masih ada lain waktu.

Liburan kemarin, saya dan teman-teman berencana pergi ke pantai yang agak jauh. Niatnya sih untuk turing. Bebarengan piknik ke satu pantai yang belum pernah dikunjungi. Saat menuju pantai Klayar Pacitan Jawa Timur beberapa waktu lalu, kami melihat plang penunjuk jalan menuju waduk gajah mungkur wonogiri, lokasi pantai Nampu dan pantai Sembugan. Nah, berdasar hal tersebut, liburan ini kami berniat untuk melakukan perjalanan menuju pantai Nampu.

Dari Jogja, rombongan hanya 3 motor. Enam orang dewasa ditambah satu anak-anak. Irul namanya. Kami memasuki kota Wonosari melalui jalur Patuk, tidak melalui jalur Panggang atau Cinomati. Pagi-pagi sekali. Meski demikian jalanan pagi itu sudah padat, dipenuhi kendaraan plat luar jogja, tapi demi menghemat tenaga karena perjalanan masih sangat lama maka hal tersebut kami lakukan.

Jalur yang kami lewati merupakan jalur Nasional. Jalur tersebut di google Maps berwarna kuning bertuliskan Jl. Nasional III. Cukup ikuti jalan itu hingga menemui Museum Kars Indonesia. Lurus saja hingga melewati pasar Pracimantoro. Dari sana kita masih jalan lurus hingga bertemu persimpangan pasar Giritontro. Di persimpangan Giritontro tersebut silakan ambil kanan. Karena jika jalan lurus, kita menuju pantai Klayar atau pantai di Pacitan lainnya. Jika ambil kiri maka menuju Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Kondisi jalan saat kami lewati kemarin sudah lebih baik daripada saat kunjungan sebelumnya. Kondisi permukaan jalan selepas Pracimantoro menuju Giritontro, misalnya. Dulu jalan tersebut bak sungai kering. Namun saat kami melintas pada liburan lebaran ini, permukaannya sudah ditambal. Lumayanlah. Daripada tidak sama sekali.

Memasuki jalan Paranggupita, jalan mulai menyempit. Lebar jalan menuju pantai Nampu Wonogiri tidak jauh berbeda dengan jalan menuju Pantai Klayar Pacitan. Kecil, sempit dan apabila dua mobil bertemu, perlu hati-hati agar tidak bergesekan. Bus besar maupun minibus, sepertinya harus berlapang dada untuk tidak ikut menikmati aspal jalan Nampu. Namun tidak seperti rute pantai Klayar, sepanjang rute pantai Nampu jarang dijumpai sekelompok masyarakat yang membantu mengamankan perjalanan kita terutama di tikungan atau tanjakan yang berpotensi kecelakaan. Sehingga pengunjung wajib berhati-hati dan tidak saling serobot.

Baca Juga : Jalan Menuju Pantai Klayar Pacitan yang Indah Sekali

pantai nampu penuh

Retribusi : orang Rp1000, motor Rp2000. Biaya parkir : Rp 3000.

.

Pantai Nampu Wonogiri

peta pantai nampu

peta pantai nampu

Terletak di desa Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah, Pantai Nampu yang terletak disebelah barat pantai Banyu Tibo Pacitan menawarkan keindahan alami. Berpasir putih dan berbukit hijau yang indah. Seperti pantai Ngeden, Pantai Nampu Wonogiri memiliki 3 wajah. Sebut saja pantai utama, pantai tempat kita parkir kendaraan dan dua pantai lain yang berada di sebelah barat pantai utama. Keduanya bisa kita temukan setelah berjalan kurang lebih 10 menit.

Baca Juga : Pantai Ngeden, The Falling Eden

Jalan menuju dua pantai yang tersembunyi hanya berupa jalan setapak biasa. Sebuah jalur diatas rerumputan yang terbentuk karena pijakan kaki pengunjungnya. Memang terlihat ada upaya pembuatan jalan dari pecahan batu mengarah ke dua pantai tersebut. Namun sepertinya masih membutuhkan waktu untuk dapat digunakan sepenuhnya.

Berjalan ke barat dari pantai utama kita akan menemui gardu pandang di kiri jalan. Terletak di pinggir tebing. Dari sana kita bisa melihat wajah pantai Nampu utama yang panjang lagi luas. Saat itu kami melihat pantai ibarat sebuah mangkuk panjang dengan cendol di dalamnya. Banyak nian pengunjung yang memilih bermain disana. Kita lanjutkan perjalanan ke barat, mencari kitab suci. #eh

Baca Juga : Fenomena menarik di Pantai Klayar. Tunggu dan Saksikan

Beberapa meter dari gardu pandang, kita melihat sebuah bukit di sebelah kiri. Saya dan teman-teman mendakinya. Inilah pemandangan yang terlihat dari atas bukit itu.

foto gambar pantai nampu wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri. Awas arus balik ombaknya ya. Tuh kelihatan.

Selesai mengabadikan moment diatas bukit, kami bergegas turun. Melewati pohon pandan pantai dan sepasang merpati yang tengah memadu kasih. Mereka sedang asik beradu bibir saat kami lewat. Hahahaha, ya sorry.

Turun dari bukit kami melihat sebuah persimpangan. Ke kanan menuju pantai Nampu kedua, sedang yang ke kiri menuju ujung tebing. Saat itu kami memilih untuk nyamperin ujung tanjung lebih dulu. Lihat gambar gmaps diatas. Foto di bawah ini diambil di ujung tanjung.

Baca Juga : Pantai ini masih virgin. Tapi jangan dikotori ya

gambar pantai nampu

di ujung tanjung. Anginnya kencang.

Puas menikmati samudra dan anginnya yang kencang, kami kembali ke persimpangan tadi. Pantai pertama yang kita temui juga berpasir putih. Dengan sebuah sungai kecil di tengahnya, pantai ini terlihat lebih indah. Apalagi rumput-rumput hijaunya sangat menawan. Bisa dibayangkan jika kita berkunjung saat musim hujan. Pasti sungainya lebih deras dan rerumputannya hijau sepanjang mata memandang. Pantai kedua ini pasti akan lebih cantik dari pantai utama.

foto gambar peta pantai nampu 2 wonogiri

pantai Nampu 2 dilihat dari jalan menuju ujung tanjung tadi.

Capek? engga lah. Kita belum nyamperin pantai ketiga. Sebenarnya, saat disana kami tidak tahu ada pantai lainnya. Karena tidak ada semacam petunjuk bahwa ada pantai kedua ketiga. Mungkin itu juga yang membuat pengunjung terkonsentrasi di pantai utama. Kami bisa mengunjungi pantai ketiga pun karena terdorong rasa ingin tahu.

Baca Juga : Liburan Tahun baru? Coba kesini aja

gambar peta lokasi Pantai Nampu 2 Wonogiri

Pantai Nampu 2 dilihat dari sungai kecil diatasnya.

Lihat gambar diatas. Gambar diambil dari sungai kecil setelah puas menikmati pantai. Dari titik itu, kita berjalan lebih ke barat lagi akan menemukan pantai ketiga. Caranya adalah dengan melewati sungai kecil diatas dan melintasi bukit disampingnya. Sesungguhnya juga sudah ada jalur yang jelas terlihat diatas rumput. Namun jika saat teman-teman berkunjung nanti jalur tersebut tidak ada, silahkan menuju ke barat.

Pantai ketiga, saat kami berkunjung, tidak ada pengunjungnya. Hal ini pertanda bagus buat kami. Kami bisa main sepuasnya. Tapi sepertinya, hal ini hanya akan berlangsung singkat. Karena mengingat jalan penghubung sudah diupayakan dibangun, maka sepertinya ke depan akan banyak yang menikmati pemandangan indah di pantai ketiga ini. Jalan penghubung dibangun memutari bukit. Sehingga lebih memudahkan pengunjung namun justru mengurangi nilai petualangannya.

Baca Juga : Petualangan Selanjutnya. Disini?

foto gambar peta lokasi pantai nampu 3 wonogiri

Pantai Nampu 3 Wonogiri. Diambil di jalan setapak menuju pantai 3. Saat liburan lebaran 2015. Sepi

Seperti pantai utama dan kedua, pantai ketiga juga berpasir putih. Rindang dan nyaman sekali. Saat kami berada disana, terlihat bekas ada yang mendirikan tenda sebelumnya. Ada sisa pembakaran dan tentu saja sampah manusia yang tertinggal bercampur dengan sampah yang terbawa oleh ombak lautan.

foto gambar peta lokasi pantai nampu 3 wonogiri

di Pantai Nampu 3 Wonogiri. Lagi merenung : “Rasanya pengin lompat maen air. Tapi celana cuma bawa satu.”

Kita juga bisa menikmati wajah pantai dari sudut pandang yang lain. Dengan mendaki bukit di sekitar pantai, kita bisa menatap luas samudra yang biru dari atas sana.

foto gambar peta lokasi pantai nampu 3 wonogiri

pantai Nampu 3 dilihat dari atas bukit. selepas dari pantai 3. Menuju parkiran.

Bagaimana? Tertarik pengin pergi kesana? Kapan kita kesana, kawan?

Saya dan rekan-rekan berangkat pagi sekali. Sampai di lokasi agak siang, perjalanan berjalan lambat karena macet. Lupa sampai disana jam berapa. Persiapkan kendaraan sebaik-baiknya. Bawa perbekalan secukupnya. Siapkan obat masuk angin untuk anak dan dewasa. Oh iya, bawa peta biar ngga nyasar. Kalaupun bingung nyasar, tanya kepada warga sekitar dengan turun dari kendaraan dan sopan.

Perlu teman atau pemandu? Kami siap.

foto gambar peta lokasi pantai Nampu wonogiri

Rekan-rekan yang siap menemani perjalanan. eh, irul dan istri juga.

sponsored by :  12 Tempat Gaul untuk liburan di Jogja yang Maksimal

Advertisements

6 comments on “Tiga Pantai Nampu Wonogiri Yang Mempesona

  1. adi pradana
    August 29, 2015

    merenungnya jangan lama-lama mas, ntar kesurupan. hahahaha

    Like

  2. sutopo
    September 2, 2015

    woww, marai kepengen wkkwkw

    Like

  3. webwisata
    March 27, 2016

    melu jalan jalan om.

    Like

Tinggalkan Pesan ya Sist/Bro (Leave a comment Please)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Suka pake ini. Kamu?

download chrome

Me


Hai, Selamat datang dan selamat membaca. Tolong tinggalkan jejak disini.
Please, write a comment. Thanks visitin' this blog

Komunitas

Komunitas Blogger Jogja

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: